Minggu, 19 Juni 2016

PERMIANAN OUTBOUND

PERMIANAN OUTBOUND




















outboundindonesia1.blogspot.com



1. Bermain Kalimat

Sisi kiri dan kanan bus diberikan kalimat yang berbeda untuk mereka presentasikan kedepan setelah diingat dengan strategi masing2 kelompok tadi.

2. Cerita Konyol

Permainan longgar terstruktur bekerja dengan baik untuk kelompok kreatif dengan kecerdasan cepat dan kemampuan berpikir. Pemandu acara kelompok mulai dengan pengantar cerita: "Malam itu gelap dan penuh badai, dan semua mendadak setiap orang mendengar ..." atau "Sekali waktu, hiduplah ..." Kemudian mintalah seorang penumpang dari satu sisi bus melengkapi kalimat. Cerita ini kemudian pergi ke sisi lain, di mana anggota tim menambahkan detail berikutnya. Pemandu dapat membuat para pemain pergi dalam urutan tertentu (baris depan pertama), atau panggilan pada pemain dari pilihan nya. Permainan bisa berlangsung hingga cerita menyelesaikan, sampai yang sudah agak terlalu konyol atau sampai energi kreatif telah mati.

3. Favorites Idol

Masing-masing peserta menuliskan tokoh idola dan ketika di tunjuk oleh pemandu maka ia harus memperagakan atau memberikan clue2 singkat sampai tokoh idola tersebut tertebak.

4. Dumb Character

Secarik kertas diberikan kepada masing2 peserta yang kemudian menulis judul film (bebas). Kemudian dikumpulkan dalam sebuah wadah. Setelah itu pemandu acara menunjuk atau mempersilahkan audience untuk mengambil secarik kertas dalam wadah tadi dan diperagakan sampai ada yang bias menebak judul film dari secarik kertas yang diambil tadi.

5. Orang Terkenal

Apakah host nama penyanyi terkenal, aktor atau selebriti lainnya: misalnya, Harrison Ford. Ford berakhir dengan huruf D, maka pemain berikutnya harus nama selebriti lain yang namanya dimulai dengan D. Jika pemain berikutnya nama David Bowie, huruf pertama dari nama berikutnya kemudian harus E. Setiap nama hanya dapat digunakan sekali, yang membuat putaran kemudian menantang (ada selebriti hanya begitu banyak yang nama dimulai dengan huruf Z.) Untuk sebuah tantangan tambahan, membatasi bidang: hanya selebriti hidup, hanya selebriti mati atau selebriti hanya dari bidang tertentu.

Alat2 yang dibutuhkan:

1. 150 carik kertas

2. Alat tulis (ballpoint 10 dan spidol 6)

3. Meeting paper 6 lembar

4. Hadiah – coklat dan permen


Ice Breaking Games Big Group 

1. Human Number / TUPAI DAN PEMBURU

Di dalam group besar, energizer akan memberikan instruksi kepada peserta untuk membentuk kelompok manusia sbb: 1 untuk monas, 2 untuk ojek, 3 untuk becak, 4 untuk mawar mekar, 5 untuk dayung.

2. Moon Ball

Bola plastic berukuran sedang satu persatu akan di lempar ke atas oleh energizer, dimana seluruh peserta berkoordinasi selama mungkin agar balon ini tidak menyentuh tanah.

3. Kata Simon

Seluruh peserta pelatihan diminta untuk berdiri dan membuat lingkaran. Setiap anggota kelompok memakai head-band satu warna, kelompok lain juga memakai head-band dengan warna yang lain. Mereka diminta untuk berdiri berselang-seling. Anggota dari kelompok yang sama tidak boleh berdiri bersebelahan. Seorang energizer memberikan perintah kepada kelompok untuk melaksanakannya asalkan perintah tersebut juga disertai kata kunci (password). Kata kuncinya adalah KATA SIMON. Tanpa menyebutkan kata kunci tersebut maka perintah tidak boleh dijalankan.

Ice Breaking Games Small Group 
1. Mind Toss a Name 

Peserta akan memilih 2 orang teman dalam kelompok tetapi hanya didalam pikiran mereka saja. Kemudian masing2 dari mereka harus berada di antara atau ditengah-tengah 2 orang yang sudah mereka pilih tadi.

2. Baloon Toss a Name 

Dengan menggunakan balon yang diisi air setiap peserta diharuskan menyebutkan nama nya dengan lantang. Setelah semuanya dapat giliran, fasilitator akan menambahkan proses pengenalan seperti umur, status, hobi. Etc

3. Picture of Team

Kelompok akan diberikan satu lembar kertas karton berukuran besar dan 1 buah spidol, pada permainan ini fasilitator akan memberikan waktu sebanyak 3 -5 menit untuk mendiskusikan apa kira-kira gambar yang akan mereka buat. Ketentuan dari permainan ini adalah dimana masing-masing peserta hanya diperbolehkan memberikan satu coretan, demikian seterusnya sampai tiba kembali gilirannya untuk mencoret.


PROBLEM SOLVING SIMULATION GAMES

Escape From Alcatraz 

Disediakan 6 x 6 kotak seukuran lebar badan. Dimana peserta harus menyebrang dari titik start sampai dengan finish dengan mata tertutup. Dimana akan ditunjuk salah satu peserta untuk mengarahkan jalur yang harus dilalui tanpa menginjak bentangan2 pembatas tadi. Apabila ada yang menginjak garis pembatas makan peserta tersebut dinyatakan gagal dan mengurangi point penilaian.

VALUE IDENTIFICATION : Strategi, plan before act, daya ingat, integritas dan komunikasi.

Telephone fool 

Seluruh perserta berdiri berjajar diatas sebuah balok, yang kemudian akan diberikan instruksi untuk mengurutkan jumlah huruf dalam sebuah nama, umur dan lain sebagainya dengan tanpa berbicara (non verbal).

VALUE IDENTIFICATION : Dengan fasilitas yang sangat minim, goal setting yang telah ditetapkan menjadi tolok ukur dan mengupayakan keberhasilan meskipun dengan keterbasatan sumber-sumber dan peraturan yang ada.

Puncture Pipe / Pipa Bocor

Telah disediakan pipa panjang yang sudah di lubangi. Dimana peserta bekerjasama untuk mengeluarkan bola pimpong yang sudah dimasukan kedalam pipa tadi dengan menggunakan media air. Peserta diperbolehkan untuk menutup lubang tersebut dengan menggunakan perlengkapan yang menempel di badan.

DE-INHIBITIZER SIMULATION GAMES 

Three in a row (3 team) 

Disediakan tali berukuran sedang (tali tarik tambang / tali dadung) tali tersebut di kedua ujung nya akan di pegang masing-masing oleh 1 orang. Tugas dari permainan ini adalah dimana seluruh peserta diharuskan melompat secara bersama-sama sebanyak 3 kali putaran.

VALUE IDENTIFICATION : Kepekaan terhadap bentuk komunikasi yang sudah disepakati dan setia pada kesepakatan dan komitmen pada keputusan dalam setiap kondisi yang paling ektrim sekalipun.

Laser Trap 

Sudah terpasang obstacle atau halang rintang berupa tali temali dan jaring-jaring sederhana untuk dilalui tanpa menyentuh sedikitpun. Tantang dalam permainan ini adalah keseluruhan peserta antara satu kaki diikatkan dengan kaki yang lainnya.

VALUE IDENTIFICATION: Koordinasi didalam menentukan tim yang ada yang disesuikan dengan talenta yang dimiliki masing-masing sehingga diharapkan terjadi suatu bentukan tim-tim kecil yang akan menentukan keberhasilan dari suatu tantangan dalam permainan ini.

The A Team

Sudah disediakan 3 buah bamboo berukuran sedang dan tali temali. Peserta bertugas untuk membentuk suatu fondasi yang bisa dinaiki oleh salah seorang peserta dan menempuh suatu panjang lintasan tertentu. Tangtangannya adalah peserta yang naik ke bamboo tadi dijaga sebisa mungkin dengan tali temali yang disediakan tadi pada ujung atas bamboo agar tidak terjatuh selama melakukan perjalanan.

VALUE IDENTIFICATION: Unsur-unsur teknis dan non teknis termasuk pemilihan bakat dari masing-masing peserta sangat menentukan keberhasilan dalam menyelesaikan tantangan ini.

Go Home

Disediakan tong atau drum besar dan dengan berpegangan tangan erat peserta akan di berikan insruksi untuk saling menarik satu dan yang lainnya untuk diupayakan menyentuh tong atau drum tadi. Diusahakan masing-masing peserta untuk menghidar dari dorongan atau tarikan peserta yang lain. Tetapi jika ada yang bertabrakan atau menyentuh tong tadi maka satu persatu peserta meninggalkan lingkaran.




TRUST AND EMPHATY SIMULATION GAMES


Spider Web

Satu persatu peserta diharuskan melewati lubang jaring laba2 yang sudah disediakan. Aturan bermain spider web ini adalah satu lubang hanya diperbolehkan dilewati oleh satu orang. Aturan main lainnya adalah peserta sebisa mungkin untuk tidak menyentuh jaring-jaring tersebunt. Hal ini akan dibantu oleh alat bantu lonceng yang diikatkan pada salah satu lonceng. Sehingga ketika berbunyimaka seluruh peserta diharuskan kembali dan mengulangi permainan dari awal.



VALUE IDENTIFICATION : Pengorbananan dan setia pada keputusan bersama didalam melaksanakan target-target yang terlah ditetapkan. Dasar-dasar peletakan integritas akan terlihat pada simulasi permainan ini, terutama dari sisi kecurangan dan pelanggaran peraturan untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

Trust Fall 

Peserta secara bergantian menaiki papan yang berjarak sekitar 120cm – 150cm diatas permukaan tanah yang akan menjatuhkan badannya dengan kaki rapat dan tangan melipat di dada. Sementara para peserta yang dibawah sudah siap dengan pasang kuda2 untuk menangkap teman yang berdiri diatas papan tadi. Instruksi peserta yang akan menjatuhkan dirinya adalah SIAP JATUH, ketika ada aba2 SIAP TANGKAP peserta yang diatas dengan penuh kepercayaan diri menjatuhkan diri kebelakang.

Human Rope

Peserta akan memegang kedua ujung tali yang sudah dikusutkan terlebih dahulu. Tantangannya adalah peserta harus mampu melepaskan diri dari tali temali yang dipegang oleh peserta lainnya sehingga semuanya terbebas dengan tanpa melepaskan pegangan di kedua ujung tali tadi.

VALUE IDENTIFICATION : Mengandalkan kekuatan tim disaat unsur stress, kebingungan dan kelelahan terjadi. Together Everyone Achieves More adalah menjadi slogan dan motivasi tertentu didalam permainan yang mengandung unsur stress ini.


COMPETITION SIMULATION GAMES

Balloon Race (full team)

Area sudah dibatasi dengan beberapa lintasan berjarak masing-masing 10m. Permainan ini bersifat kompetisi dimana masing-masing kelompok membagi tugas untuk meniup balon kemudian mentransfer dengan menggunakan kepala, kemudian mentransfer dengan menggunakan mata tertutup dan terakhir ada yang bertugas untuk membangun kumpulan balon-balon tersebut untuk disusun ke atas dengan alat bantu double tape dan gunting, poin terbesar adalah bagi kelompok yang berhasil menyusun balon paling tinggi.

VALUE IDENTIFICATION : Strategi, plan before act, komunikasi., how to motivate ourself and team in the same time


FINAL PROJECT SIMULATION GAMES

Raft Project

Alat yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok:

1. Bambu

2. Tali temali

3. Drum

4. Dayung

5. Pelampung (safety)

Bentuk Permainan;

Kelompok diinstruksikan untuk membangun satu armada rakit yang kokoh dan kuat dengan menggunakan alat2 yang sudah disediakan tersebut diatas. Yang kemudian menyebrangi danau dan menyentuh titik finish, kemudian kembali ke titik start dan membubarkan kembali rakit yang sudah di bentuk tadi dan menaruhnya kembali ke posisi semula.

Durasi Permainan:

+/- 1,5 jam:

30 menit untuk membangun rakit

30 menit untuk pengarungan (menyebrang danau)

20 menit untuk membubarkan rakit dan mengembalikan ke posisi semula

10 menit debrief. 



0 komentar:

Posting Komentar