Selasa, 28 Juni 2016

Menjawab Pertanyaan ‘Apa Kelemahan dan Kelebihan Anda?’

Menjawab Pertanyaan ‘Apa Kelemahan dan Kelebihan Anda?’


Pertanyaan tentang kelemahan dan kekuatan dari diri seorang kandidat pasti akan selalu muncul dari setiap wawancara kerja. Pertanyaan tersebut digunakan perekrut untuk mengetahui gambaran tentang personaliti, cara kerja hingga bagaimana cara berkomunikasi seorang kandidat. Jawaban yang  bagus pun pasti akan meninggalkan kesan yang baik di mata perekrut.
Jawablah dengan jujur ketika menjawab pertanyaan apa kelemahan dan kekuatan oleh perekrut. Kamu tidak perlu ‘memoles’ jawaban agar terlihat wah. Selain itu, kamu harus bisa menyakinkan perekrut bahwa jawaban tersebut memang benar-benar karaktermu yang sebenarnya.
Dalam memilih jawaban pertanyaan tersebut, lihat lagi lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Fokus kepada kekuatan yang kamu punya dan relevan terhadap lowongan pekerjaan. Selain itu, kamu juga harus memikirkan kelemahan dirimu yang sekiranya membawa dampak tidak terlalu berarti terhadap lowongan pekerjaan tersebut.
Jawab Setiap Pertanyaan
Jangan pernah merasa terlalu rendah diri atau arogan ketika berbicara tentang kekuatan dan kemampuan yang kamu miliki. Begitu pun sebaliknya, jangan pernah merasa malu ketika berbicara tentang kelemahanmu. Dengan menjawab setiap pertanyaan dengan jujur maka perekrut bisa mengetahui profil calon kandidat lebih dalam. Jadi, jangan pernah menjawab bahwa kamu tidak memiliki kelebihan dan kekurangan.
Ketika kamu membahas apa saja kelemahanmu, jangan pernah menggunakan orang lain untuk disalahkan atas kekuranganmu tersebut. Kamu harus bisa menjawab apa saja kelemahanmu tersebut dengan penuh tanggung jawab.
Berikut kami berikan beberapa pilihan jawaban yang bisa kamu gunakan dalam menjawab pertanyaan apa saja kelebihan dan kelemahanmu. Kamu bisa menjabarkan lebih lanjut dengan kata-kata sendiri.

Kelebihan
Buat daftar apa saja kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki. Pastikan kelebihanmu tersebut dapat dipakai langsung di dunia kerja. Tambahkan beberapa pengalaman yang pernah kamu alami ketika menjawab pertanyaan ini.
Berikut beberapa contoh kelebihan yang bisa kamu gunakan untuk menjawab:
  • Percaya diri
  • Komitmen tinggi terhadap pekerjaan
  • Penuh semangat
  • Rapi
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan interpersonal yang baik
  • Dapat bekerja dalam tim

Dalam menjawab kelemahan, sebaiknya kamu menjabarkan kelemahan dan juga caramu untuk memecahkan kelemahanmu tersebut. Dengan menyertakan jawaban pemecahan masalahmu tersebut, dapat berdampak pada menyakinkan perekrut bahwa kamu merupakan seorang denganproblem solving yang baik. 
  • Jika kamu merupakan fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, kamu harus memperlihatkan ketertarikan atas pekerjaan yang kamu lamar. Jabarkan mengenai langkah-langkah yang telah kamu ambil untuk menunjang kariermu nanti. Contohnya, ketika kamu mengambil kursus PHP untuk menunjang kariermu sebagai Web Developer.

  • Jika kamu melamar pekerjaan yang tidak berhubungan dengan angka dan statistik, kamu bisa mengatakan bahwa kamu lemah dengan matematika. Tambahkan juga bahwa kamu sedang berusaha untuk mengatasi kelemahanmu ini. Contohnya, kamu bisa mengatakan bahwa kamu sedang giat untuk belajar mengenai program komputer yang digunakan untuk menghitung dengan cepat.

Iklan lowongan baru setiap hari berarti kesempatan baru. Jangan sampai ketinggalan. Buat Job Alert
  • Kamu juga bisa mengatakan bahwa kelemahanmu dapat berarti kelebihanmu juga. Contohnya, kamu merupakan orang yang tidak sabar ketika bekerja karena kamu ingin pekerjaanmu tersebut selesei dengan cepat. Jangan lupa tambahkan bahwa kamu selalu membuat to-do-list yang kamu gunakan sebagai penentu prioritas pekerjaan.
Selalu ingat, bahwa satu-satunya cara untuk menyakinkan dan membuat perekrut berkesan adalah dengan memberi jawaban jujur.

0 komentar:

Posting Komentar